ketulusan seorang ibu

Minggu, 24 Mei 2015

Fadhilah / Keutamaan membaca Shalawat

Hadist

 Rasulullah bersabda:
" telah datang kepadaku utusan Tuhanku dan dia memberi tahu kepadaku : siapa dari umatmu yang mengucapkan  shalawat untukmu satu kali, maka Allah SWT  akan mencatat  untuknya sepuluh kebaikan  dan menghapus daripadanya sepuluh kejelekan ( dosa) dan dinaikkan padanya 10 derajat ,dan dibalas atasnya menurut  berapa shalawat yang dia ucapkan ( HR. Ahmad)

Rasulullah bersabda:
"Perbanyaklah membaca shalawat untukku pada tiap hari Jum'at, sebab shalawat  umatku dipintakan setiap hari jum'at . Maka barangsiapa yang paling banyak shalawatnya untukku , maka mereka termasuk dengan aku kedudukannya. (HR. Baihaqie)

Rasulullah bersabda:
Siapa yang bershalawat untukku pada waktu pagi sepuluh kali dan pada waktu sore sepuluh kali, maka dia akan mendapat syafaatku pada hari kiamat. ( HR. Thabrani dan Abu Dharda)

Rasulullah  bersabda:
Barangsiapa bershalawat untukku dalam sehari seratus kali, maka Allah mendatangkan  hajatnya seratus hajat , yang tujuh puluh untuk akhiratnya dan tiga puluh  untuk dunianya  ( HR.Ibnu Najar dan Jabir)

Rasulullah bersabda:
Bersalawatlah kepadaku, karena shalawatmu itu  menjadi zakat ( penghening jiwa, pembersihan dosa) bagimu. (HR.Ibnu Mardawaih)

 Rasulullah bersabda:
Barang siapa  membaca shalawat untuku  pada tiap-tiap hari jumat, maka Allah menampuni dosanya  meskipun dosa itu sebanyak buih lautan. (H. dari Zaid bin Rafi')


 Anas ra berkata: Rasulullah bersabda;  barangsiapa membaca shalawat untukku satu kali maka Allah SWT memberikan shalawat kepadanya sepuluh  shalawat,  barangsiapa membaca shalawat untukku sepuluh kali, maka Allah memberikan padanya 100 kali, dan barangsiapa yang membaca  shalawat untukku 100 kali , maka ALLAh SWT  mencatat pada  dua matanya/ baginya dua kebebasan : 1. bebas dari sifat munafiq, 2.bebas dari neraka. Bahkan besok pada hari kiyamat , Allah memasukkannya kedalam surga bersama dengan mereka yang mati syahid

 Rasulullah bersabda :
Malaikat jibril datang padaku dia berkata : hai Muhammad, tiada seorang yang membaca shalawat untukmu  kecuali akan dibacakan  shalawat untuknya oleh  tujuh puluh ribu malaikat , dan barangsiapa dibacakan  shalawat oleh malaikat , maka dia termasuk ahli surga. (H. dari Abdurrahman bin Auf)

 Rasulullah bersabda:
ada tiga macam orang yang tidak bisa melihat wajahku
 1. orang durhaka ( menyakiti hati orangtua)
2. meninggalkan sunnahku
3. orang yang namaku disebut di sisinya dia tidak bershalawat untukku
 (HR. Abu Naim)

Rasululah bersabda:
Barang siapa yang lebih banyak membaca shalawat untukku, Allah SWT akan memberi kekayaan , tidak akan fakir setelah itu (Khozinatl Asrar hal 178)

Rasululah bersabda:
Barangsiapa  yang lebih banyak  membaca shalawat untukku 500 kali, tidak akan mengalami fakir selama-lamanya.( HR. Ar Rahawy)

 Rasululah bersabda:
Perbanyak membaca shalawat untukku, sesungguhnya demikian itu akan melepaskan semua kesulitan  dan hilangnya segala kesusahan.( HR. Ar Rahawy)

  Abu Hurairah berkata:Rasululah bersabda: Tiap-tiap urusan penting dan berharga  jika tidak dimulai dengan  alhamdulillah dan shalawat , maka urusan itu terputus ( dari Rahmat Allah), hilang semua berkahnya. ( HR. Ar Rahawy)

Dari  Abd. Said ra. berkata :Rasululah bersabda: dimana seorang muslim tidak punya sesuatu untuk  sedekah, maka ucapkanlah  dalam doanya
 " Allahumma shalli 'alaa Muhammadin' abdika  warasuulika, wa shalli 'alal mukminiina wal mukminaati, wal muslimiina wal muslimaati.
( Ya Allah, limpahkan rahmat kepada Nabi Muhammad seorang hamba dan utusanMu, dan limpahkan pula rahmat atas orang-orang mukmin laki-laki dan perempuan.
( HR. Abu Daud, Turmudzi, Ibnu Majah : ibnu Hibban  dan Al Hakim)


Setelah kita membaca dan memperhatikan hadist yan tertulis diatas,  maka dengan membaca salawat kita akan memperoleh manfaat yang sangat positif. Diantaranya

1. Memperoleh  sepuluh kebaikan dari Allah SWT. dihapus sepuluh kejelekkan (dosa), dinaikkan  baginya sepuluh derajat  dan dibalas atasnya menurut berapa yang dia baca
2. akan memperoleh pengampunan dari semua dosa, kalau dia membaca shalawat  yang sebanyak-banyaknya.
3.Akan lebih dekat dengan Nabi Muhamamad SAW. besok pada hari kiyamat , barangsiapa yang bershalawat kepadanya
4. akan mendapatkan syafaat beliau pada hari kiyamat
5. akan dikabulkan seratus hajat yang tiga puluh kebutuhan  didunia dan tujuh puluh kebutuhan di akhirat.apabila membaca shalawat seratus kali.
6. Merupakan zakat ( menghening jwa, pembersih dosa)
7. Terangkat doa( permohonan).
8. apabila dibaca 100 kali, Allah SWT akan memberi dua kebebasan ( dri nifaq dan dari neraka) dan besok pada hari kiyamat  diberi tempat sebagaimana orang-orang yang mati syahid.
9. Dapat di lepaskan dari kebingungan , keresahan di hari kiyamat.
10. dipandang sebagai orang yang dicintai nabi Saw.
11. Dapat menghilangkan semua kesusahan dan kesukaran  dan terkabulkan pemohonan/ hajat
12. Allah akan memberikan kekayaan dan tidak akan pernah kembali fakir setelah kaya, apabila shalawat dibaca sebanyak-banyaknya.

Refrensi :
 Faqih, M. 1997. Aneka Bacaan Shalawat. Penerbit Apollo. Surabaya.

para pembaca,  setelah kita membaca fadhilah, keutamaan  yang tertulis pada  hadist/ sabda jujungan kita nabi besar Muhammad SAW dari buku tersebut, marilah kita mulai beramal shaleh dalam membacanya. Perlu diketahui  bahwa membaca shalawat itu meskipun dengan hati riya , pamer dan lain-lan atau tidak, masih tetap baginya mendapat pahala, karena membaca shalawat itu termasuk perintah Allah SWT dalam Al qur'an  surat Al Ahzab ayat 56 yang berbunyi:

" Sesungguhnya Allah dan Malaikat-Malaikatnya bershalawat untuk nabi, Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk nabi dan ucapkan salam pengormatan  kepadanya."




Tidak ada komentar:

Posting Komentar