ketulusan seorang ibu

Kamis, 21 Mei 2015

ringkasan dari buku " The Biologi of love"

 
 Perbedaan otak wanita dan Pria

1.       Ukuran otak
Otak pria lebih  besar dari pada otak wanita.
Pria lebih mudah menangkap pokok masalah  dan lebih fokus pada solusi.
Berat rata-rata  1,2 kg pada otak pria dan 1 kg pada wanita.
Otak wanita memang lebih kecil dari pada pria, tetapi lebih banyak memiliki bagian yang bertanggung jawab untuk berkomunikasi antar bagian. Inilah yang menyebabkan wanita bisa melakukan berbagai macam tugas sekaligus.
Neuron  pria 15% lebih banyak dari wanita( pria memiliki 22,8 miliar neuron sementara wanita 19,3 miliar neuron

2.       Gray matter dan White matter
Gray matter (pengubung abu-abu) adan white matter ( penghubung putih)
Pria lebih banyak  memiliki jaringan penghubung putih( white matter) sedangkan wanita memiliki banyak penghubung abu-abu (grey matter)
--- Didalam otak manusia, gray matter  berfungsi sebagai  pusat pemrosesan/ penganalisis informasi / analisis sedangkan white matter bekerja menghubungkan pusat-pusat informasi dan analisis.
Hal ini  mengapa pria lebih unggul dalam bidang berbeda misalnya matematika, fisika. Sedangkan  wanita unggul pada kemampuan bahasa. Dari itu , konon, pria lebih suka bicara langsung  sesuai tujuan sementara wanita lebih mempertimbangkan rasa.

3.       Otak kanan dan kiri
Pria menggunakan otak kiri dalam mencerna sesuatu sedangkan wanita  menggunakan kedua otaknya.Otak kiri adalah otak yang lebih peka terhadap aspek intelektualitas sementara otak kanan  lebih peka terhadap perasaan. Pria lebih suka dengan olahraga dan sains karena pria lebih  menggunakan logika lebih baik dari wanita dalam menyelesaikan rumus maupun permasalahan yang ada. Hal ini banyak terbukti kebanyakan  ilmuwan adalah pria.

4.       Korpus Kalosum
Wanita, korpus Kalosum lebih besar dan berkembang di banding pria. Dalam waktu bersamaan, mereka mampu berpikir, mengingat, merasa dan merencanakan sesuatu alias wanita dapat bekerja ganda. Wanita lebih mampu merangkai kalimat. Hal ini disebabkan karena sisi kiri otak ( mengontrol pembicaraan atau perasaan) dan sisi kanan otak ( mongontrol/ mengolah informasi ) lebih baik.Jadi, tidak perlu heran jika wanita lebih cerewet. Hal ini sebagaimana dikatakan Halpen yang mendeteksi MRI ( Magnetic resonance Imaging) Ia menemukan bahwa ukuran korpus kalosum pria 25% lebih kecil dari pria.

5.       Sistem Limbik
Wanita mempunyai sistem Limbik yang lebih besar  daripada pria. Hal ini menyebabkan  wanita lebih emosional karena tugas sistem limbik adalah  mengatur emosi.
6.       Inferior lobe Pariental
ILP pada pria pun lebih besar dari wanita.
Menurut Pearlson, kinerja ILP kiri dan ILP kanan memberikan penyederhanaan mengapa seorang  seseorang ahli di bidang fisika dan matematika, sementara yang lain dalam  bidang bahasa. Dia memberlihatkan 2 area penting di otak yakni Frontal dan tmeporal lobe, yang dimiliki wanita, adalah  lebih besar. Hal ini dapat menjelaskan mengapa wanita lebih ahli dalam menguasai bahasa.

7.       Perbedaan Kimia
Otak perempuan banyak mengandung  serotonin yang membuatnya bersikap tenang dan memiliki oksitosin, yang mengikat manusia dengan manusia yang lain atau dengan benda lebih banyak. Dua hal ini   mempengaruhi Kecenderungan  pria untuk tidak bertindak  lebih dulu ketimbang bicara. Ini berbeda dengan wanita.
8.       Perbedaan dalam menyelesaikan masalah
Pria memiliki kecenderungan untuk menyelesaikan masalah secara diam, sedangkan wanita memiliki kecenderungan untuk menceritakan masalahnya pada oranglain. Pria akan merasa nyaman dengan diam. Hal ini terjadi karena dalam diri pria memang terdapat siklus-siklus untuk berdiam diri dan tidak ingin diganggu siapapun saat menghadapi suatu masalah. Lain halnya dengan wanita yang akan merasa resah jika belum bercerita dan mengungkapkan permasalahannya dengan oranglain.

9.       Cara komunikasi
Pria menggunakan logika (otak kiri) sedangkan wanita menggunakan perasaan (otak kanan)
Contoh: seorang wanita tidak harus punya alasan logis untuk menangis sedangkan pria selalu mencari perbandingan dan alasan untuk menangis. Pria mengatasi masalah paling baik  dengan memikirkan satu masalah pada satu waktu, biasanya dengan berpikir sendiri. Namun, wanita secara umum perlu membicarakan masalah mereka dengan oranglain untuk memproses pikiran mereka.
Pria mendekati situasi dengan keinginan kuat untuk membuat keputusan dan mengambil tindakan. Sementara wanita kadang ingin membicarakan bagaimana perasaan mereka tentang situasi yang sama. Pria suka berbicara secara langsung dan tertuju pada topik sedangkan wanita  cenderung berbicara  tidak langsung karna menggunakan perasaan alias berbelit-belit.

Perbedaan otak pria dan wanita
Pada pria
a.       Otak pria lebih besar daripada otak wanita. Pria kurang mampu memindahkan fungsi dari satu area otak ke area lain,, tetapi lebih mudah memindahkan informasi ke sisi lain otak. Karena itu , pria  mudah menangkap pokok masalah dan lebih fokus pada solusi.
b.      Aktivitas  di bagian mekanik otak pria cenderung lebih banyak. Sejak usia dua tahun, cenderung membongkar apapun seperti puzzle dan mainan bongkar-pasang robot atau mobil mainan.
c.       Pria lebih suka memikirkan apa yang dihadapinya  saat ini daripada aoa yang akan terjadi beberapa saat yang akan datang.
d.      Kemampuan berbicara pada pria hanya  tersimpan di otak kiri.Pria berbicara 7000 kata/ hari.
e.      Karena verbalisasi perasaan lebih tumpul, sebagian besar pria tidak peka akan keadaan emosi, baik dalam diri maupun oranglain
f.        Otak pria mengolah yang dilihatnya seperti terowongan panjang, sehingga hanya bisa melihat jelas,akurat, dan fokus pada benda-benda yang tepat  berada di depan mata.
g.       Pria  lebih berpikir dan bertindak secara logika karena otak kanan yang lebih berperan.
h.      Penelitian para ilmuwan  di University of Giessen, jerman menemukan bahwa jumlah hormon testosteron yang lebih banyak membuat pria  memiliki kemampuan  untuk mengukur ruang, tempat dan bentuk secara akurat.
i.         Hormon testosteron pada pria juga membuat mereka mempunyai selera humor tinggi.
j.        Lelaki pantang menangis.
Amigdala adalah bagian otak yang mengontrol bagian otak yang mengontrol respon emosi manusia. Pada lelaki amigdala hanya berkomunikasi dengan sedikit bagian otak, seperti korteks visual dan bagian otak yang  bertanggung jawab atas gerakan otot. Sementara, amigdala perempuan lebih terhubung dengan bagian otak yang mengontrol bahasa. Hal itu sebabnya perempuan lebi terbuka membicarakan perasaan.
k.       Lelaki tidak seempati perempuan
kadar empati pria lebih rendah daripada wanita. Tanpa empati atau kemampuan menempatkan diri dalam posisi orang lain , pria sulit menyelami karakter fiksi.
l.         Lelaki tidak mendengarkan seperti perempuan
Ketika lelaki mendengarkan, mereka mengaktifkan  otak kiri yang berhubungan dengan bahasa. Ketika perempuan mendengarkan mereka mengaktifkan otak kiri dan kanan
Karena menggunakan pusat pemrosesan bahasa yang lebih banyak perempuan dapat  mendengarkan sambil melakukan berbagai hal sekaligus. Sementara itu, pria perlu fokus terhadap percakapan untuk bisa memprosesnya.
m.    Lelaki sulitt mengingat detail
Berbeda dengan perempuan yang mampu mengingat banyak hal seperti kapan jadian, pertama kencan dst
n.      Pria tidak tahan kesepian
Perasaan kesepian  menyiksa bagi kaum pria.Penelitian menyebutkan  bahwa kesepian bisa menyebabkan gangguan kesehatan
o.      Fokus pada Solusi
DR. Louann Brizendine,ahli psikologi klinik dari university of California berpendapat, dengan segera, berbagai solusi masalah bermunculan di otak pria. Akibatnya, pria akan lebih fokus untuk menawarkan solusi ketimbang menunjukkan solidaritas atau berempati pada perasaan oranglain.
p.      Lelaki banyak memilih warna merah, perempuan banyak memilih warna biru
q.      Kemampuan indera penciuman pria untuk mengecap rasa masam, manis, dan asin  lebih rendah dari pada wanita
r.        Pria lebih suka berbicara langsung pada tujuannya sementara pembicaraan wanita terputus-putus dengan keraguan dan perasaan. Disebabkan serabut penghubung antara belahan otak kanan dan kiri lebih sedikit pada wanita. Sehingga , ekspresi perasaan lebih mudah terjadi pada wanita.

                               

Tidak ada komentar:

Posting Komentar